Thursday 12 September 2013

Cara menyelamatkan HP yang tercebur ke air


Saya yakin, pasti kawan semua tidak ada yang mau HP kesayangan masuk ke dalam air atau tercebur ke dalam air. Tapi musibah memang tidak dapat diprediksi kawan. Dan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti tercebur ke dalam air, saya akan berbagi tips bagaimana menyelamatkan HP yang tercebur ke air.


  1. Segera cabut baterai ponsel kawan, dan jangan pernah menyalakan HP saat masih basah karena bisa menyebab terjadinya korslet sehingga bisa rusaknya komponen ponsel.
  2. Ambil kain yang kering untuk mengeringkan HP kawan, jangan lupa buka casingnya dan keringkan layar serta tombol HP menggunakan kain kering tersebut.
  3. Ambil (kalau tidak punya, usahakan pinjam ke tetangga atau teman) hair dryer atau kipas angin (sekitar 15-30 menit) untuk membantu mengeringkan HP. Ingat berilah jarak antara hair dryer dengan komponen HP, jangan terlalu dekat (kira-kira 15-30cm) karena bisa mempengaruhi komponen IC. Kalau tidak ada hair dryer, bisa juga menjemur HP kawan di siang hari agar HP benar-benar kering, tetapi harus dipisahkan antara baterai dengan HP kawan.
  4. Bila HP kawan telah benar2 kering, selanjutnya pasang kembali baterai HP, dan coba nyalakan. Kalau kawan melihat cahaya dari keypad HP kawan (bukan dari layar), ini adalah pertanda baik. Karena berarti HP kawan masih bisa dipakai. Kalau tidak memang HP nya harus di "lem biru" ( Lempar beli baru ). Hehehe
  5. Cobalah menekan nomor telepon seperti biasa, walaupun kondisi layar masih dalam keadaan gelap. Kalau ada nada panggilan, itu artinya layar kawan akan kembali normal suatu saat nanti. 

Cara sederhana yang lain bisa direndam didalam beras. Karena serbuk-serbuk beras yang sangat halus bisa masuk ke komponen HP yang basah dan menyerapnya secara tuntas, setelah diserap dan kering tinggal ditiup saja agar debu/serbuk dari beras keluar.



Tentu saja HP harus sudah dipreteli terlebih dahulu. Lepas casing, lepas baut, lepas yang lain yang sekiranya bisa dilepas. 

Tapi kalau memang HP kawan itu tahan air tidak masalah kawan kalau tercebur ke dalam air. Semoga bermanfaat. :)


Sumber : http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=496826699&postcount=940
Title: Cara menyelamatkan HP yang tercebur ke air; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment