Thursday 12 September 2013

5 teknologi pada nokia yang menginspirasi smartphone saat ini


Nokia? Kalau dengar kata itu pasti langsung ingat merk HP yang merajai hanpir di seluruh dunia. Tapi pamor nokia sekarang sudah kalah dengan android dan IOS yang merajai ponsel smarphone.

Tapi tahukah kawan, berkat inovasi yang dilakukan oleh nokia lahirlah fitur-fitur standart pada ponsel dan smartphone yang beredar di pasaran saat ini.

Fitur-fitur tersebut adalah

  • Pertama, lahirlah telepon tanpa kabel pertama yang bentuknya seperti gagang telepon rumah. hehe. Ponsel ini ponsel GSM pertama yang diproduksi secara masal dan digunakan diseluruh dunia. Ponsel pertama nokia ini dinamakan nokia 1011. 
  • Kedua, ponsel murah meriah beredar dipasaran dan tentu saja laris manis. Selain murah, ponsel nokia 3210 dan 5110 juga bisa diganti dengan casing warna-warni. Sehingga ponsel ini sangat laku dikalangan anak muda pada jaman itu. Kalau sekarang mungkin kawan semua "agak" anti memakai merk ponsel nokia yang sudah jadul. Hehe
  • Ketiga, dengan desain yang unik dan menarik, nokia pada jaman itu berhasil menguasai pasar ponsel dunia, saat produsen ponsel yang lain masih menghadirkan desain ponsel yang konvensional, nokia sudah hadir dengan desain yang sangat beragam. Seperti pada nokia Nokia 8110 yang memiliki bentuk melengkung dan faktor bentuk slider yang membuatnya terlihat keren ketika meluncur pada 1998.
  • Keempat, nokia-lah yang mempelopori teknologi pada ponsel yang beredar saat ini, seperti web browser mobile, bluetooth, pemutar musik, dan tentu saja game.
  • Kelima, pelopor ponsel pintar di dunia adalah nokia, dengan OS symbian dengan berbagai aplikasidan game didalamnya membuat nokia makin digemari oleh pengguna diseluruh dunia sebelum semua berpaling pada android dan IOS
Itu 5 hal dari nokia yang sebagian besar menginspirasi teknologi pada ponsel yang beredar saat ini, mungkin kalau tidak ada nokia, tidak akan ada sistem operasi android dan IOS. Itu hanya pendapat saya sebagai penulis. :)

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat.

Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2013/09/04/1042021/5.Karya.Ikonik.Nokia.untuk.Industri.Ponsel.Dunia
Title: 5 teknologi pada nokia yang menginspirasi smartphone saat ini; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment