Wednesday 21 August 2013

Cara meningkatkan kinerja baterai ponsel


Dalam memilih ponsel android memang seharusnya tidak melihat dari sisi dapur pacunya saja, misal prosesor, RAM dan sejenisnya tetapi juga harus memperhatikan daya tahan baterai. Percuma dong punya ponsel android dengan spesifikasi keren tapi hanya tahan 2 jam karena kapasitas baterai yang kecil.

Memang ponsel android sekarang sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Tetapi bagaimana dengan ponsel android terdahulu? Yang kapasitas baterainya kecil. Untuk sobat yang mempunyai ponsel android dengan kapasitas yang kecil jangan berkecil hati sob, saya akan membagi tips bagaimana agar baterai android sobat bisa tahan agak lama. hehe
1. Jaga suhu ponselKenapa harus menjaga suhu ponsel? Karena ponsel yang panas akan cepat menguras performa dari baterai tersebut. Jadi kalau sobat berada di luar ruangan atau sedang berpergian dengan menggunakan sepeda motor lebih baik ponsel sobat taruh di dalam tas dan jangan sering dibuka. Untuk lebih mengoptimalkan baterai ponsel usahakan suhu ponsel berada dalam suhu kamar.
2. Turunkan brigthness dan screen timeoutTurunkan kecerahan layar ponsel sobat, tidak harus sampai minimum, tapi paling tidak sobat masih bisa melihat layar ponsel dengan nyaman dan juga turunkan screen timeout, karena dengan menurunkan kecerahan layar dan screen timeout setidaknya bisa menghemat daya baterai. Kalau saya tak bikin yang paling minimum. Kecerahan 10 screen timeout juga 10, tergantung settingan diponsel sobat masing-masing. Hehe
3. Power saving dan matikan mode getarMenggunakan power saving juga bisa menghemat daya baterai, dengan menaktifkan power saving maka aplikasi yang tidak perlu seperti wifi, bluetooth akan dinonaktifkan secara otomatis. Ponsel android sekarang kebanyakan sudah dilengkapi dengan power saving. Tapi apabila ponsel android sobat belum dilengkapi dengan power saving, sobat bisa donwload aplikasi yang menghemat daya konsumsi baterai yang banyak tersedia di play store. Kalau saya menggunakan aplikasi du battery saver.
Selain menggunakan power saving, matikan juga mode getar diponsel sobat agar daya baterai sobat sedikit tahan lama. :)
4. Matikan koneksi yang tidak dibutuhkanKalau sobat tidak memakai wifi dan bluetooth lebih baik dinonaktifkan saja sob, karena dengan membiarkan wifi dan bluetooth aktif terus, baterai ponsel akan dipaksa bekerja terus dengan mencari jaringan yang tersedia sehingga menyebabkan baterai ponsel sobat cepat habis.
5. Penggunaan flash kamera dan wallpaper animasiSobat suka foto pake ponsel dan menggunakan flash? Penggunaan flash kamera yang berlebihan bisa menyebabkan baterai ponsel sobat boros. Juga hindari penggunaan wallpaper animasi, walaupun tampilan homescreen sobat jadi keren, penggunaan wallpaper animasi menguras daya baterai yang cukup besar.
6. Stop mencari sinyalKalau misal sobat berada dilokasi yang susah sinyal seperti di pedalaman lebih baik ponsel sobat dimatikan saja, karena di lokasi yang susah sinyal ponsel akan dipaksa bekerja keras mencari sinyal yang berakibat pada kinerja baterai ponsel sobat.
Saya sudah praktek sendiri enam cara tersebut, walaupun tidak serta merta menghemat daya baterai ponsel kita, tapi setidaknya bisa meningkatkan kinerja baterai ponsel. Selain itu saya juga menggunakan baterai double power yang banyak tersedia di pasaran, dan dengan power bank selalu menemani, jadi tidak kuatir kalau baterai ponsel hampir habis. hehe

Semoga bermanfaat.:)






Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/08/20/144829/2335253/510/tips-agar-baterai-android-lebih-awet?i991101mainnews
Title: Cara meningkatkan kinerja baterai ponsel; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment