Tuesday 23 July 2013

Perbedaan charger iPhone asli vs charger iPhone palsu (KW)

Apakah kawan semua termasuk orang yang tidak mempermasalahkan barang yang kawan beli asli atau palsu? Kalau iya mungkin artikel yang akan saya bagi bisa membuka wawasan kawan semua tentang bahayanya barang yang tidak ori atau palsu.

Karena ada kasus seorang mantan pramugari China Southern Airlines Ma Ailun tersetrum saat sedang menelpon menggunakan iPhone miliknya dengan charger yang terhubung ke stop kontak saat iPhone-nya sedang diisi daya.

Kemungkinan charger yang dipakai oleh pramugrari tersebut palsu, karena charger iPhone yang asli ternyata dikerjakan dengan bahan dan material yang sangat baik.

Untuk membedakan mana charger iPhone yang asli dan mana charger iPhone yang palsu, ternyata cukup sulit. Karena charger iPhone yang palsu sangat mirip dengan aslinya. Tapi masih bisa dibedakan kalau dicermati dengan teliti.

Berikut perbedaan charger iPhone yang asli dengan yang palsu.

Charger iPhone asli
1. Pada bagian bawah charger iPhone terdapat spesifikasi dari charger tersebut, dimana kalau charger iPhone yang asli tertulis "Designed by Apple in California", sementara charger iPhone yang palsu tertulis kalimat yang membingungkan "Designed By California". Contoh pada gambar di bawah (kanan) iPhone palsu tidak tercantum tulisan "Apple Japan".
Tapi karena banyaknya produsen charger iPhone palsu ada juga yang mencantumkan tulisan "Apple Japan" atau "Designed by Apple in California" untuk mengesankan kalau charger itu benar-benar charger iPhone yang asli, padahal tidak.




2. Sedangkan kalau di buka, makin jelas perbedaan charger iPhone yang asli dengan yang palsu. Charger iPhone yang asli menggunakan komponen pemasok daya flyback switching canggih untuk mengubah input AC 100-240 menjadi output 5 volt 1 ampere. Komponen internal charger iPhone asli dilengkapi controller IC, flyback transformer, serta kapasitor khusus untuk meredam interferensi sinyal. Dengan komponen internal dan sistem switching canggih charger iPhone asli mampu menghasilkan output sesuai dengan spesifikasi yaitu 5 volt 1 ampere yang relatif stabil dan bebas dari fluktuasi dan spike (lompatan voltase secara tiba-tiba dalam waktu singkat).

3. Dilihat dari grafik osiloskop diketahui bahwa voltase output charger iPhone asli (kuning) dan spektrum frekuensinya (oranye) idealnya grafik voltase (kuning) harus setipis dan selandai mungkin, sementara frekuensi spektrum (oranye) harus serapat mungkin dengan sisi bawah.


Charger iPhone palsu
1. Dan bagaimana dengan charger iPhone palsu? Pada charger iPhone palsu output yang dikeluarkan tidak sesusai dengan spesifikasi, yaitu hanya 2,7 watt dari yang seharusnya 5 watt (5 volt x 1 ampere).

2. Dilihat dari grafik osiloskop juga memperlihatkan charger iPhone palsu menghasilkan kualitas output yang sangat buruk. Dengan noise dan dan riak sinyal (ripple) yang parah. Bahkan bisa mengakibatkan perangkat IOS kawan menjadi rusak.

Gambar perbedaan antara charger iPhone asli vs charger iPhone palsu




Itu sedikit artikel yang saya bagi mengenai perbedaan dan bahaya menggunakan charger iPhone yang tidak asli/palsu. Jadi pilih mana? menggunakan charger yang asli, mahal. Atau menggunakan charger palsu yang murah tapi bisa membahayakan perangkat kawan atau mungkin nyawa kawan? Pilih dengan bijak...


Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2013/07/22/1744310/Apa.Bedanya.Charger.iPhone.Orisinal.dan.KW.

Title: Perbedaan charger iPhone asli vs charger iPhone palsu (KW); Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment